Skip to main content

[TUTORIAL] CARA MUDAH MEMBUAT BLOG MELALUI HP/ANDROID



Salam~
Seorang teman tertarik untuk membuat blog. Tetapi, modalnya cuma hape alias ponsel alias android. Si teman bingung. Memangnya bisa bikin blog pakai hape?

Tentu saja bisa, dong!

Blog saya ini juga, saya bikinnya pakai hape, lewat chrome. Dan, sejak create beberapa waktu lalu sampai sekarang, sudah ada beberapa postingan mengisi blog ala-ala ini.

Makanya, berawal dari permintaan teman untuk membuatkan blog lewat hp, saya pun terinspirasi untuk menulis tutorial cara mudah membuat blog melalui hp. Mungkin, di luar sana sudah banyak bertebaran tutorial serupa. Bagaimanapun, saya hanya ingin berbagi, kok. Kali aja ada yang berminat bikin blog tapi masih ragu-ragu gegara nggak ngerti gimana cara bikinnya sementara modal hape doang.

Nah, yuk, kita mulai saja tutorialnya! ^^

Pertama, yang diperlukan adalah browser yang tepat. Browser yang sekiranya bisa untuk membuka blog dengan maksimal. As for me, saya pakai google chrome.

Jika browser sudah, selanjutnya tinggal masuk ke blogger(dot)com. Akan muncul tampilan seperti ini:


Klik "CREATE YOUR BLOG". Lalu ikuti instruksinya, yaitu memasukkan alamat email beserta password.

Setelah langkah di atas diikuti, akan muncul tampilan ini:

Tulis judul blog yang diinginkan. Tulis juga alamat blog dan cek ketersediannya. Lalu, pilih tema yang sudah disediakan. Setelah itu, klik "Buat Blog" yang warna oranye itu.


Blog sederhana sudah jadi, yay~! ^^
Tinggal dieksplorasi saja~

Bagian "Entri Baru" atau "New Entry" itu untuk membuat postingan baru. Setelah membuat postingan dan dipublikasikan, untuk mengeceknya bisa klik "Lihat Blog" yang warna hijau di sebelah kiri atas itu.

Tulis judul postingan. Lalu, tinggal tulis/copas tulisan yang ingin diposting. Pilih "compose" untuk mengetik lebih mudah, "html" untuk mengetik dengan kode-kode.

Di sini, jenis tulisan, bentuk huruf, dll. bisa diatur seperti terlihat pada bar di atas.



Selain jenis dan bentuk huruf, bisa juga menyisipkan link, foto, atau video ke dalam postingan. Bentuk paragraf juga bisa diatur.

Pada bar di atasnya (lurus dengan bar judul), "simpan/save" berarti menyimpan tulisan sebagai draft. "Pratinjau/preview" untuk mengecek tulisan kita sebelum diposting. Jika semuanya sudah diperiksa, klik "publikasikan/publish" untuk memposting tuliaan kita.

Nah, selesai!

Gampang banget, kan...? ^^

Tinggal eksplorasi saja, dan mengembangkan blog menjadi lebih baik.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! ^^

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

[WRITING] 7 JENIS PARAGRAF PEMBUKA CERITA YANG MENARIK PEMBACA (DENGAN CONTOH)

Hallo there~

Kita berjumpa lagi~ 😃
Kali ini kita membahas tentang pembukaan sebuah cerita. 😃
Kalian tahu, paragraf pertama sebuah cerita ibaratnya display pada jendela toko. Bagaimana membuat display yang menarik sehingga pelintas (calon pembaca) berhenti dan membaca tulisan kita?
Nah, tanpa banyak basa-basi, langsung saja kita bahas satu per satu. 😊

Ada 7 jenis paragraf pembuka cerita yang mampu menarik pembaca dalam sekali pandang, yaitu:
1. Cerita dibuka dengan sebuah action/kejadian. Perempuan itu datang saat matahari terbenam. Langit menggelap dengan semburat jingga di ufuk barat. Angin bertiup pelan dan burung-burung kembali ke sarang. Di punggungnya, seorang bocah laki-laki tertidur dengan kedua lengan erat memeluk leher perempuan itu. 2. Cerita dibuka dengan mengenalkan salah satu tokoh/karakter yang ada dalam cerita. Saat berusia sembilan tahun, adikku Maya memenangkan sebuah perlombaan melukis. Dia memang berbakat dalam melukis. Hingga sekarang di usianya yang enam belas tah…

[WRITING] TEKNIK MENULIS SHOW DON'T TELL (DILENGKAPI CONTOH)

[TUTORIAL] SEPATU BEKAS JADI BARU LAGI DENGAN COVER RAJUT (FOTO STEP BY STEP)

Hai, Bunda dan Sista Rajuters~ 😊

Sesuai janji saya di grup Belajar Merajut kemarin, hari ini saya posting Tutorial Step by Step Cover Sepatu Rajut. Nggak nyangka banget, bakal dapat respons positif dari Bunda dan Sista sekalian. Saya pikir nggak ada yang tertarik, makanya saya cuma menargetkan 20 komentar "mau" untuk membuat tutorial ini. Saya nggak mau muluk-muluk. Bagaimanapun, saya bakal tetap membuat tutorial ini, kok. Nah, respons Bunsist sekalian ini menjadi penyemangat untuk saya. 😊


Sebelum menuju ke tutorialnya, saya mau minta maaf dulu kalau gambar-gambarnya pecah/kurang jelas. Kamera hape biasa ini, malam hari (saya begadang semalam setelah si bocil KO pukul 11 malam demi membuat tutorial ini, meski baru bisa menulis siang hari), dan tanpa flash. Nggak apa-apa, ya, yang penting pesannya tersampaikan. 😅

Oh, ya, barangkali ada di antara Bunda dan Sista yang penasaran dan bertanya-tanya:
1. Kok tutorialnya dikasih gratis? Padahal, di luar sana banyak, lho, yang unt…

[WRITING] PENGERTIAN DAN CONTOH FLASH FICTION

[WRITING] OBJEKTIVITAS DALAM MENULIS RESENSI

Salam~
Kali ini kita bicara tentang resensi. 😊
Apa, sih, resensi itu?Resensi menurut KBBI adalah pertimbangan atau pembicaraan tentang buku; ulasan buku. Sedangkan, menurut Wikipediaresensi berasal dari bahasa Belanda resentie dan bahasa Latin recensio, recensere, atau juga revidere yang artinya mengulas kembali. Resensi adalah suatu penilaian terhadap sebuah karya yang dapat berupa buku, karya seni film, maupun drama.
Lalu, apa saja manfaat dari penulisan resensi?Sebagai Bahan Pertimbangan.Melalui resensi, pembaca memiliki bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah buku. Apakah buku itu penting? Apakah buku itu layak? Apakah sesuai dengan minat? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini dapat terjawab melalui resensi.Nilai Ekonomis. Jika resensi dimuat dalam majalah atau koran, penulis resensi bisa mendapatkan uang atau imbalan serta buku-buku untuk diresensikan secara gratis dari penerbit buku. Sebagai Sarana Promosi Buku. Berkaitan dengan manfaat nomor 1 di atas,dengan memb…