Skip to main content

[PROMPTS] KARAKTER KAMU DILAMBANGKAN DENGAN TANDA BACA



source: pinterest


Apakah kamu seperti titik? Atau penuh dengan tanda tanya?
Yuk, cari tahu jenis tanda baca seperti apakah kamu berdasarkan karakter kamu!

KARAKTER KAMU DILAMBANGKAN DENGAN TANDA BACA

Baca juga: [Prompts] Jenis-Jenis Kinesis, Kamu Pilih yang Mana?

TITIK

Jika kamu orang yang tidak pernah memulai perdebatan tapi selalu bisa mengakhirinya, kamu identik dengan tanda baca titik. Kamu lebih memilih diam saat orang-orang sibuk berdebat. Tapi, kamu bisa membuat mereka berhenti hanya dengan satu kalimat. Kamu mampu membungkam mereka dengan argumen yang cerdas dan mengena.

KOMA

Kamu tahu Severus Snape di serial Harry Potter? Tokoh satu itu kerap memberi jeda saat berbicara. Caranya berbicara yang sangat ikonik membuat tokoh ini menjadi begitu fenomenal. Nah, jika kamu berbicara dengan banyak jeda seperti Snape, kamu memiliki kepribadian seperti tanda baca koma.

TANDA HUBUNG

Sesuai namanya, tanda pisah atau dash digunakan untuk memberikan keterangan lain yang menginterupsi kalimat utama. Jika kamu kerap memotong pembicaraan lawan kamu dengan pemikiran-pemikiranmu, kamu sama dengan si tanda pisah.

TANDA SERU

Tanda seru melambangkan seruan atau kalimat perintah. Lambang ini identik dengan karakter otoriter, tukang perintah, mudah terganggu, dan harus didengar apa pun alasannya. Apakah kamu orang yang seperti itu?

TANDA TANYA

Pernahkah kamu bertanya pada seseorang dan setelahnya kalian jadi awkward? Si tanda tanya ini kepo, selalu ingin tahu, dan kerap melontarkan pertanyaan yang membuat orang lain merasa canggung, kikuk, dan nggak nyaman. “Kok sendirian? Pacar kamu mana? Kapan nikah? Sudah isi belum?” termasuk jenis pertayaan yang selain membuat kesal, juga mengganggu. Jika kamu tidak bisa menahan diri dari melontarkan pertanyaan seperti ini (dan pertanyaan-pertanyaan lain yang serupa), kamu sama dengan si tanda tanya.

TITIK KOMA

Titik yang melambangkan perhentian dan koma yang melambangkan jeda. Bersatu, mereka membentuk tanda baca titik koma yang berfungsi untuk menandai bagian kalimat yang sejenis dan setara. Nah, kamu yang merepresentasikan tanda baca titik koma ini senang berkumpul dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama denganmu, karakter yang serupa, dan saling memahami.

ELIPSIS

Pernah melihat 3 tanda titik berjejer di tengah kalimat dan atau 4 tanda titik berjejer di akhir kalimat? Tiga tanda titik yang berjejer itulah yang disebut elipsis. Menjadi 4 jika terletak di akhir kalimat, karena 1 titik terakhir berfungsi sebagai penutup. Elipsis menunjukkan bagian yang hilang dalam kalimat, atau juga ucapan yang belum selesai. Kamu yang mewakili tanda baca elipsis ini kerap menggantung ucapan kamu. Membuat orang lain bertanya-tanya.

TITIK DUA

Titik dua menandai pemerian atau penjelasan. Kamu senang mengenalkan suatu perkumpulan? Memperkenalkan orang-orang di sekitarmu? Serta, memberikan penjelasan-penjelasan terhadap segala sesuatu? Jika ya, kamu sama dengan tanda baca titik dua.

TANDA PETIK

Tanda petik digunakan untuk mengutip atau menunjukkan kalimat langsung. Jika kamu senang memberitahukan pada temanmu apa yang orang-orang pikirkan atau katakan tentang temanmu itu, kamu cocok dengan tanda petik.

TANDA KURUNG

Saat di sebuah pertemuan dan orang-orang berbincang satu sama lain, di manakah kamu berada? Ikut mengobrol bersama mereka atau memilih duduk di pojok dan mengamati mereka? Jika kamu senang menyendiri, menarik diri dari obrolan, dan memilih untuk menyimak saja atau bahkan melakukan hal lain seorang diri(atau mengajak seseorang bersamamu), kamu merepresentasikan tanda kurung.

puntperson. source: instantdisplay.co.uk

Yang manakah kamu di antara tanda baca di atas? 😇


*Haz, 22 November 2017

Comments

  1. Wah OK.. Sy TITIK..

    berkunjung juga ya Di kita :

    https://ceritaojekonline.blogspot.co.id/search/label/Humor?m=1

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[TUTORIAL] SEPATU BEKAS JADI BARU LAGI DENGAN COVER RAJUT (FOTO STEP BY STEP)

Hai, Bunda dan Sista Rajuters~ 😊

Sesuai janji saya di grup Belajar Merajut kemarin, hari ini saya posting Tutorial Step by Step Cover Sepatu Rajut. Nggak nyangka banget, bakal dapat respons positif dari Bunda dan Sista sekalian. Saya pikir nggak ada yang tertarik, makanya saya cuma menargetkan 20 komentar "mau" untuk membuat tutorial ini. Saya nggak mau muluk-muluk. Bagaimanapun, saya bakal tetap membuat tutorial ini, kok. Nah, respons Bunsist sekalian ini menjadi penyemangat untuk saya. 😊


Sebelum menuju ke tutorialnya, saya mau minta maaf dulu kalau gambar-gambarnya pecah/kurang jelas. Kamera hape biasa ini, malam hari (saya begadang semalam setelah si bocil KO pukul 11 malam demi membuat tutorial ini, meski baru bisa menulis siang hari), dan tanpa flash. Nggak apa-apa, ya, yang penting pesannya tersampaikan. 😅

Oh, ya, barangkali ada di antara Bunda dan Sista yang penasaran dan bertanya-tanya:
1. Kok tutorialnya dikasih gratis? Padahal, di luar sana banyak, lho, yang unt…

[WRITING] TEKNIK MENULIS SHOW DON'T TELL (DILENGKAPI CONTOH)

[CONTOH RESENSI] REKONSTRUKSI PENDIDIKAN NASIONAL MENURUT NGAINUN NAIM

Salam~
Sebelum menuju ke resensi, saya jelaskan dulu bahwa ini adalah resensi  lawas yang saya tulis ketika masih mahasiswa baru (tahun 2009). Ditulis dalam rangka mengikuti lomba menulis resensi se-maba di universitas tempat saya menimba ilmu. Dan... alhamdulillah, resensi ini terpilih sebagai juara pertama. Hadiahnya lumayan, paket buku berisi 6 (atau 7?) eksemplar buku berbagai judul. Karena itulah, meski lawas saya kira ini cukup layak dijadikan contoh resensi. 😁
Untuk tata cara penulisan resensi, bisa dibaca di sini.
Baiklah... mari kita mulai membaca resensinya! 🙏
Rekonstruksi Pendidikan Nasional Menurut Ngainun Naim



Judul Buku: REKONSTRUKSI PENDIDIKAN NASIONAL - Membangun Paradigma yang Mencerahkan Pengarang: Ngainun Naim
Penerbit:Penerbit TERAS
Cetakan: I; April 2009
Tebal Buku:xii+290 halaman
Harga Buku:Rp 27.500,00

==========

Agaknya, kita tidak akan bisa membantah pendapat yang menyatakan bahwa pendidikan merupakan syarat utama dalam peradaban umat manusia. Dunia tak pernah berh…

[WRITING] PENGERTIAN DAN CONTOH FLASH FICTION

[PROMPTS] JENIS-JENIS KINESIS, KAMU PILIH MANA?