Skip to main content

[TUTORIAL] FANCY FLOWER - CARA MERAJUT BUNGA 5 KELOPAK (DILENGKAPI FOTO STEP BY STEP)



Salam~
Beberapa kali pertanyaan seputar cara membuat bunga rajut 5 kelopak mampir di beranda saya. Banyak yang katanya sudah mencoba tapi nggak bisa seperti bunga rajut buatan saya.

Sebenarnya, saya cukup maklum. Soalnya jenis bunga rajut ini saya kreasi sendiri. Jadi, ya mungkin belum ada tutorialnya di internet.

Berawal dari situ, saya kepingin berbagi tutorial cara membuat bunga rajut 5 kelopak ala @safinacraftid, ehehehe. :p

Tolong maklumi kalau bahasa saya nanti belibet, ya! Maklum, bukan tutor beneran. :p


Btw, tutorial yang sama juga pernah saya post di IG @safinacraftid, mangga main ke sana untuk lihat tutorial-tutorial yang lain. ^^

Baca juga:

[Tutorial] Menjahit Tempat Pensil dalam Waktu 10 menit

[Upcycle] Menyulap Kaus Bekas Menjadi Karpet Cantik


Jadi, langkah-langkah membuat bunga rajut 5 kelopak ini adalah:


Step 1:
Rangkai 5 pcs mote dengan senar karet atau benang. Biarkan ujung senar/benang terbuka (tidak disimpul) agar bisa disesuaikan saat merajut.


Step 2:
Awali dengan sc (single crochet/tusuk tunggal) di sela-sela mote lalu buat 3 ch/rantai dan sc lagi di sela-sela mote. Matikan dengan sl st (slip stitch).


Step 3:
Naik 1 ch, buat 3 sc pada rantai yang sudah dibuat sebelumnya (jangan dimasukkan ke lubang rantai, tapi lewat bawahnya). Sl st di sela-sela mote, naik lagi 1 ch, buat 3 sc, turun dengan sl st, dan seterusnya sampai kelima kelopak selesai.


Step 4:
Naik 1 ch. Pada lubang pertama, isi dengan 1 sc dan 1 hdc (half double crochet/ tusuk setengah ganda). Pada lubang kedua, isi dengan 1 dc (double crochet/tusuk ganda). Pada lubang ketiga, isi dengan 1 hdc dan 1 sc (perhatikan urutannya, ya. Jangan terbalik). Tutup dengan sl st di sela-sela mote. Naik lagi 1 ch dan ulangi langkah di atas sampai 5 kelopak.


Step 5:
Naik dulu 1 ch.
Pada step 4, dalam setiap kelopak didapatkan 5 lubang. Nah, isi dari kelima lubang ini adalah:
Lubang pertama: 2 sc
Lubang kedua: 2 hdc
Lubang ketiga: 1 dc - 1 tc (triple crochet) - 1 dc
Lubang keempat: 2 hdc
Lubang kelima: 2 sc
Tutup dengan sl st, naik lagi 1 ch, dan lanjutkan seperti cara di atas sampai kelopak kelima.


Step 6:
Naik dulu 1 ch.
Pada step 5, didapatkan 11 lubang. Pada step 6 ini, kita isi lubang-lubang tersebut dengan:
Satu: 2 sc
Dua: 1 sc - 1 hdc
Tiga: 2 hdc
Empat: 1 hdc - 1 dc
Lima: 2 dc
Enam: 3 tc
Tujuh: 2 dc
Delapan: 1 dc - 1 hdc
Sembilan: 2 hdc
Sepuluh: 1 hdc - 1 sc
Sebelas: 2 sc
Tutup dengan sl st.
Naik lagi 1 ch dan lanjutkan seperti cara di atas sampai dengan kelopak kelima. Tutup dengan sl st, buat 1 ch, tarik benang hingga ketat dan potong.


Step 7:
Rapikan dengan sc di sekeliling kelopak bunga. Matikan rajutan dan potong benang. Bunga rajut 5 kelopak sudah jadi.

Insyaallah tutorial cara membuat bunga rajut 5 kelopak ini cukup gampang diikuti. Kan, dilengkapi dengan gambar juga. Ehehehe, :p


Kalau sudah jadi bunganya, selanjutnya tinggal diaplikasikan. Bisa jadi bros atau hiasan bando. Tempelkan bunga rajut 5 kelopak pada alas (bros) atau bando dengan menggunakan lem tembak. Beri lem pada bagian tengahnya, lalu letakkan 1 mote untuk menutup lubang di tengah.

Bando rajut yang cantik siap dipakai. ^^


Untuk teman-teman yang berminat jadi reseller atau sekadar dipakai sendiri, yuk WA saya di 085755261079. Tanya-tanya doang juga boleh, kok. ^^

Dan... sebelum kalian ragu-ragu, saya kasih tahu dulu. Harga reseller untuk selusin bando rajut selisih 80 ribu dengan selusin bando rajut harga ecer (di saya. Harga ecer bisa lebih tinggi dari harga ecer yang saya patok). Jadi... andai ongkir dari sini ke tempat kalian ada 30 ribu pun, insyaallah masih bisa dapat laba.... :)

Yuk, langsung order saja. WA ke 085755261079. ^^

Terima kasih dan sampai jumpa~ ^^

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

[TUTORIAL] SEPATU BEKAS JADI BARU LAGI DENGAN COVER RAJUT (FOTO STEP BY STEP)

Hai, Bunda dan Sista Rajuters~ 😊

Sesuai janji saya di grup Belajar Merajut kemarin, hari ini saya posting Tutorial Step by Step Cover Sepatu Rajut. Nggak nyangka banget, bakal dapat respons positif dari Bunda dan Sista sekalian. Saya pikir nggak ada yang tertarik, makanya saya cuma menargetkan 20 komentar "mau" untuk membuat tutorial ini. Saya nggak mau muluk-muluk. Bagaimanapun, saya bakal tetap membuat tutorial ini, kok. Nah, respons Bunsist sekalian ini menjadi penyemangat untuk saya. 😊


Sebelum menuju ke tutorialnya, saya mau minta maaf dulu kalau gambar-gambarnya pecah/kurang jelas. Kamera hape biasa ini, malam hari (saya begadang semalam setelah si bocil KO pukul 11 malam demi membuat tutorial ini, meski baru bisa menulis siang hari), dan tanpa flash. Nggak apa-apa, ya, yang penting pesannya tersampaikan. 😅

Oh, ya, barangkali ada di antara Bunda dan Sista yang penasaran dan bertanya-tanya:
1. Kok tutorialnya dikasih gratis? Padahal, di luar sana banyak, lho, yang unt…

[WRITING] TEKNIK MENULIS SHOW DON'T TELL (DILENGKAPI CONTOH)

[RANDOM TALK] MENULIS DENGAN TANGAN KIRI, SALAHKAH? ORANG KIDAL PUN MEMILIKI KELEBIHAN!

[WRITING] PROSA UNGU YANG MENDAYU (PENGERTIAN DAN CONTOH)

Assalamualaikum~
Salam sejahtera dan Rahayu~

Sebelum memasuki bahasan pokok, saya mau bilang bahwa judul itu hanya soal rima, ya. Kata "mendayu" berkaitan dengan suara senandung sayup-sayup, jadi sebenarnya enggak terlalu cocok kalau disandingkan dengan prosa ungu yang lekat dengan kata-kata. Hehehe 😁

Nah, pernahkah kalian mendengar tentang purple prose atau prosa ungu?

Pernahkah kalian membaca cerpen atau novel yang penulisannya boros, berbunga-bunga, diksi penuh metafora, dan secara umum berlebihan? Itulah yang disebut prosa ungu. Nah, kalau misalnya bagian yang berbunga-bunga ini hanya terletak di satu atau beberapa bagian saja dari keseluruhan cerita, bagian yang memuat metafora dan diksi berbunga-bunga ini disebut purple patches atau purple passages.

Dikutip dari Urban Dictionary, prosa ungu adalah tulisan yang penulis gunakan dengan sangat berbunga, deskriptif, dengan kata-kata yang tidak perlu. Kata-kata (atau deskripsi) tersebut tidak menambah cerita dan biasanya d…

[WRITING] 7 JENIS PARAGRAF PEMBUKA CERITA YANG MENARIK PEMBACA (DENGAN CONTOH)

Hallo there~

Kita berjumpa lagi~ 😃
Kali ini kita membahas tentang pembukaan sebuah cerita. 😃
Kalian tahu, paragraf pertama sebuah cerita ibaratnya display pada jendela toko. Bagaimana membuat display yang menarik sehingga pelintas (calon pembaca) berhenti dan membaca tulisan kita?
Nah, tanpa banyak basa-basi, langsung saja kita bahas satu per satu. 😊

Ada 7 jenis paragraf pembuka cerita yang mampu menarik pembaca dalam sekali pandang, yaitu:
1. Cerita dibuka dengan sebuah action/kejadian. Perempuan itu datang saat matahari terbenam. Langit menggelap dengan semburat jingga di ufuk barat. Angin bertiup pelan dan burung-burung kembali ke sarang. Di punggungnya, seorang bocah laki-laki tertidur dengan kedua lengan erat memeluk leher perempuan itu. 2. Cerita dibuka dengan mengenalkan salah satu tokoh/karakter yang ada dalam cerita. Saat berusia sembilan tahun, adikku Maya memenangkan sebuah perlombaan melukis. Dia memang berbakat dalam melukis. Hingga sekarang di usianya yang enam belas tah…